Parasit Toxoplasma

Baca juga Ancaman Toxoplasma

Masyarakat hingga kini seringkali salah kaprah menganggap kucing sebagai penyebab Toksoplasmosis. Padahal dalangnya adalah parasit Toxoplasma gondii yang dapat ditularkan oleh kucing. Namun, kucing bukanlah satu-satunya sumber penyebaran karena penyakit ini dapat menyerang semua jenis satwa termasuk burung, ikan, kelinci, anjing, babi, kambing dan mamalia bahkan manusia. Parasit juga bisa terdapat pada daging setengah matang, telur setengah matang, buah-buahan atau sayuran yang tercemar tinja hewan yang mengandung Toxoplasma.

Pada saluran pencernaan hewan seperti kucing, Toxoplasma bahkan dapat berkembang biak secara lengkap. Oleh karena itu, bangsa kucing disebut induk semang difinitif. Toxoplasma ditemukan dalam bentuk telur pada kotoran kucing. Telur tersebut akan menjadi bentuk yang infektif dalam 48 jam dan berbahaya bagi manusia atau hewan jika tertelan melalui makanan atau minuman yang tercemar.

Parasit Toxoplasma dalam bentuk tachizoit dapat terbawa cairan tubuh seperti darah, air liur dan cairan sperma yang mampu ditularkan serangga lewat gigitan. Tachizoit pun bisa bersarang di calon telur atau kelenjar susu sehingga tidak menutup kemungkinan telur dan air susu dapat tertular Toxoplasma. Penularan juga bisa terjadi melalui transfusi darah, transplantasi atau cangkok organ yang mengandung kista Toxoplasma.

Parasit Toxoplasma kebanyakan berkembang biak dalam sel darah putih, jaringan parenkim dan sel endotel dengan cara membelah diri. Setelah berkembang biak, parasit ini akan membentuk kista yang  akan berdiam di jaringan syaraf mata, otot jantung, alat pencernaan dan sebagainya. Kista Toxoplasma dalam tubuh manusia umumnya tidak bermasalah karena parasit ini bersifat oportunis. Jika tubuh penderita kuat maka parasit tidak menimbulkan gejala penyakit, namun hal sebaliknya jika tubuh lemah, kekebalan tubuh menurun, kurang gizi atau stres. Kista pada jaringan tubuh dapat merusak organ dengan tingkat bahaya tergantung pada umur penderita, keganasan parasit, jumlah parasit yang masuk ke dalam tubuh dan organ yang diserang.

Sumber : Talkshow “Kesehatan Reproduksi Wanita dan Toxoplasmosis” Divisi Keputrian An-Nahl, FKH IPB 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s