Permasalahan Menstruasi

Menstruasi menurut Wikipedia adalah perubahan fisiologis pada tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Menstruasi terjadi pada wanita usia remaja hingga menopause. Pada fase menstruasi terjadi peluruhan dinding rahim yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Keluarnya darah menstruasi terjadi rata-rata selama 5 hari, jika lebih dari 15 hari maka disebut darah penyakit. Siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, namun tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama. Wanita yang tengah mengalami fase menstruasi dapat mengalami gejala sebagai berikut : perut mulas, keputihan, radang pada vagina, gatal-gatal pada kulit, nyeri payudara, bau badan tidak sedap, suara tidak menarik, emosi meningkat dan muncul jerawat.

Siklus menstruasi

Nyeri haid primer

Timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu, dengan lebih stabilnya hormon tubuh atau perubahan posisi rahim setelah menikah atau melahirkan. Nyeri haid ini adalah normal namun dapat berlebihan apabila dipengaruhi faktor fisik dan psikis seperti stres, penyempitan pembuluh darah, penyakit menahun, kurang darah, kondisi tubuh menurun atau pengaruh hormon prostaglandine. Gejala ini tidak membahayakan kesehatan.

Nyeri haid sekunder

Nyeri biasanya baru muncul kemudian, yaitu jika ada penyakit yang datang kemudian. Penyebabnya adalah kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista/polip, tumor di sekitar kandungan atau kelainan rahim yang menetap. Ada juga yang disebut dengan endometriosis, yaitu kelainan letak lapisan dinding rahim yang menyebar keluar rahim sehingga apabila menjelang menstruasi (pada saat lapisan dinding rahim menebal) akan dirasakan sakit yang luar biasa. Endometriosis ini bisa mengganggu kesuburan.

Gejala masalah menstruasi yang perlu dikonsultasikan ke dokter

1. Apabila menstruasi tidak pernah teratur sejak semula

2. Timbul nyeri yang semakin lama semakin hebat, terutama jika baru muncul dikemudian hari yang diperkirakan ada yang kurang beres dalam organ reproduksi

3. Jika darah menstruasi yang keluar sangat berlebihan sehingga membutuhkan pembalut lebih dari selusin setiap hari

4. Panjang masa haid mencapai lebih dari 9 hari

5. Muncul noktah darah (spotting) antara dua siklus mentruasi

6. Warna darah tidak normal, yaitu lebih kecoklatan atau justru merah segar

Gangguan pendarahan pada siklus menstruasi

A. Hipermenoria yaitu pendarahan haid yang lebih banyak dari normal. Biasanya berlangsung lebih dari 8 hari. Penyebabnya karena ada gangguan pada uterus atau rahim.

B. Polimenore yaitu pendarahan haid yang tidak terlalu banyak dan siklus menstruasi kurang dari 21 hari. Biasanya diakibatkan dari gangguan ovulasi atau karena adanya penyakit sistemik yang berhubungan dengan sistem hormonal.

C. Metroregia yaitu pendarahan yang terjadi antara 2 siklus haid dan darah yang keluar kebanyakan sedikit atau bahkan lebih banyak.

Nyeri haid

Penanganan dan pencegahan

Penanganan dari gangguan menstruasi dapat diatasi dengan ramuan dan obat-obatan dari dokter. Beberapa tanaman herbal yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah haid meliputi Jinten Hitam (Nigelia sativa), Daun Seribu (Achillea millefolium), Jahe Sembung (Blumeae folium), Jahe (Zingiberis rhizoma) dan Kunyit (Curcuma domestica). Jinten hitam dan daun seribu berfungsi memberikan efek relaksasi sehingga haid menjadi lancar. Daun sembung dan jahe berkhasiat sebagai antipasmodik (mengurangi kram) dan rasa sakit pada haid. Kunyit mempunyai efek antibakteri dan memperlancar haid.

Setiap perempuan perlu mengenali dirinya sendiri karena masing-masing memiliki kondisi tubuh dan batas normal yang berbeda. Enggak ada salahnya untuk rutin mengecek atau memeriksa agar segala permasalahan dapat ditangani lebih dini. Ketika menemukan hal yang tidak beres sebaiknya tidak perlu panik dan berprasangka berlebihan, tapi bersikap tenang dan tanyakan pada orang yang lebih mengerti soal kesehatan.

Sumber : Talkshow “Kesehatan Reproduksi Wanita dan Toxoplasmosis” Divisi Keputrian An Nahl, FKH IPB 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s