Gogirl! Januari 2013 : Pop Writing Issue

“Jangan memikirkan apakah nanti tulisannya akan bagus atau jelek. Yang paling penting adalah terus menulis. Lebih baik menghasilkan satu tulisan jelek daripada tidak menulis sama sekali.”

Dash! *nepuk jidat

Tips dari Alexander Thian, dalam Gogirl! edisi Januari 2013 emang ‘dalem’ banget deh! Kayak tamparan kecil buat para pemimpi yang pengen jadi penulis tapi minder dan give up. Namun, bisa jadi tiupan semangat untuk kembali menulis bagi mereka yang optimis. Masih banyak tips kece lainnya hanya di Gogirl! edisi Januari 2013 yang khusus mengangkat isu pop writing. Sayangnya, saya sendiri tidak terlalu paham dengan pop writing, apakah punya kesamaan makna dengan creative writing yang justru lebih banyak diulas? Hehe.

DSC_0370-1

Artikel writing advice from the writers, misalnya, berisi writing tips dari para profesional di bidang menulis seperti reporter, blogger, selebtwit bahkan editor majalah Gogirl!, Anita Moran. Banyak yang bisa diambil dari saran-saran mereka. Penulis beken Sitta Karina dan Alanda juga ikut bagi-bagi tips lho!

DSC_0367-1 - CopyKreatif itu tanpa batas, begitu juga dengan menulis. Ide menulis kreatif ternyata tidak hanya melulu tentang cerita fiksi tapi juga bisa diaplikasikan di tulisan non-fiksi. Semua dibahas tuntas di Gogirl! edisi Januari 2013 dari ‘apa itu creative writing?’ sampai formula merangkai ide kreatif dalam tulisan kita. Bagi pemula, tidak perlu bingung mencari wadah untuk menampung ide kreatif kita karena Gogirl! juga membagi link website, blog dan komunitas penulis. Gogirl! di edisi ini juga berbagi info tentang tempat-tempat keren rekomendasi para penulis buat cari inspirasi. Parah komplitnya!

DSC_0376-1Lalu, bagaimana buat yang sudah menulis tapi bingung mau publish? Atau sudah ngebet pengen publish tapi kok ditolak terus yah? Ow ow! Tidak akan bingung dan panik kalau baca Gogirl! edisi Januari ini karena ada berbagai langkah how to publish your writing. Kita bisa publish sendiri karya kita lho, tinggal pilih dengan cara apa yang kita mau. Gogirl! juga mencantumkan kelebihan dan kekurangan yang bisa jadi masukan untuk menentukan pilihan kita. Penjelasan ini cukup membantu bagi penulis yang masih ragu-ragu mem-publish karyanya.

DSC_0371-1

Kalau masih ngebet punya buku yang diterbitkan penerbit besar, edisi Gogirl! kali ini juga buka-bukaan mengenai kriteria naskah yang dicari oleh penerbit. Setiap penerbit punya ketentuan masing-masing. Para publishers juga berbagi tips agar naskah kita tidak ditolak. Seperti apa ya? Baca Gogirl! edisi Januari 2013 dan siap-siap mengecek draft naskah kalian, hahaa.

DSC_0372-1

Menulis tidak selalu tentang membuat puisi, cerpen atau novel. Keahlian menulis kita bisa diasah dengan menjadi seorang kontributor suatu media atau sekedar nge-tweet! Media sosial Twitter udah bukan hal aneh lagi buat kita, bahkan bisa melahirkan selebtwit. Para selebtwit seperti  Zarry Hendrik, Rahne Putri dan Bernard Batubara berbagi kisah sukses mereka dalam Gogirl! edisi Januari 2013. Ini dia yang langsung saya terapkan. Bukan obsesi jadi selebtwit tapi karena paling mudah dilakukan agar bisa terus menulis, hehe. Tak hanya selebtwit, kita juga bisa tahu suka-dukanya seorang ghostwriter, Inu Febiana.

DSC_0374-1

Bakal lebih seru kalau dibahas juga tentang para penulis yang karyanya sukses diangkat ke layar lebar. Penasaran banget sih, sayangnya tidak diulas di Gogirl! edisi Januari 2013 ini😦

Tapi, ga rugi baca Gogirl! dan saya justru terpacu buat terus menulis🙂 Saran dan tips yang diulas sangat membantu banget, bahkan ada beberapa info yang baru bagi saya.  Materinya disampaikan dengan ringan, simpel tapi padat berisi sehingga lebih mudah diterima pembaca. Benar-benar recommended buat dibaca, terutama yang ingin tahu tentang penulisan kreatif dan publishing.

Ssst, tips simple dewy makeup dan street style ala Seoul bisa kita coba lho!

DSC_0378-1

Sangat menginspirasi,

Thank you, Gogirl!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s