[Resensi Pilihan] Inheritance

Inheritance

  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tebal: 920 halaman
  • Terbit: Juni 2012
  • Cover: Softcover
  • ISBN: 978-979-22-8499-7
  • No Produk: 32201120010

Pernahkah terbayang jika manusia, elf, kurcaci, dan urgal hidup beriringan dengan kaum naga yang tak terkalahkan? Apa jadinya jika kemudian seorang manusia serakah membantai para naga dan menawan telur-telurnya untuk diperbudak setelah menetas?

Adalah Eragon, seorang anak laki-laki yang masih berusia 15 tahun ketika menemukan telur Saphira, sosok naga betina bersisik biru, setelah hampir satu abad lamanya Alagaesia kehilangan kaum naga dan para penduduknya mulai melupakan keberadaan mereka. Saphira menetas dan Eragon merawatnya diam-diam. Bersama Brom, sang pendongeng tua, Eragon mempelajari sejarah kehidupan kaum naga dan para penunggang yang berperan menjaga kedamaian Alagaesia. Ia terpaksa meninggalkan kampung halamannya di Carvahall untuk menghindari mata-mata Galbatorix, sang kaisar yang berambisi memusnahkan kaum naga. Eragon dan Saphira kemudian bergabung dengan Varden, organisasi yang memberontak dari kekaisaran.  Varden terdiri dari para kurcaci, elf dan manusia yang bersatu untuk kedamaian Alagaesia dan kebangkitan kaum naga. Salah satu anggota varden yaitu Arya, seorang elf perempuan, merupakan agen yang awalnya bertugas menjaga telur Saphira sebelum ia diserang oleh sang Shade Durza di pegunungan Spine. Arya berhasil diselamatkan dan dibawa oleh Eragon ke Farthen Dur, ibukota kaum kurcaci di pegunungan Beor.

Eragon, Saphira, Arya dan Varden menyusun siasat untuk kembali merebut kota-kota besar di daratan Alagaesia yang dikuasai oleh kekaisaran. Eragon menyatakan sumpah sebagai saudara angkat dari Raja Orik, pemimpin kaum kurcaci. Di Ellesmera, Eragon dan Saphira berguru pada Oromis dan Glaedr, satu-satunya penunggang dan naga yang masih bertahan hidup dan ‘disembunyikan’ keberadaanya untuk melatih penunggang naga yang baru. Pertempuran tak terelakan juga terjadi di Carvahall hingga membumi-hanguskan desa tersebut. Penduduk Carvahall dipimpin Roran, sepupu Eragon, selanjutnya ikut bergabung dengan Varden.

Kematian pemimpin Varden sebelumnya, Ajihad, memicu kemarahan dan membakar semangat para anggota Varden untuk menjalankan aksinya. Kaum urgal yang kasar dan senang berperang pun menyerukan perdamaian dan bersatu dengan Varden. Di bawah pimpinan Nasuada, putri Ajihad yang menjadi pemimpin Varden selanjutnya, strategi pemberontakan dilakukan dengan cerdik dan rapi sehingga satu per satu wilayah dapat ditaklukan. Bahkan Ra’zac, makhluk terkutuk pemakan daging manusia, dan para penganut kepercayaan sesat  yang menyembah Ra’zac dapat dimusnahkan. Eragon dan Saphira menjadi semakin kuat meskipun kekhawatiran tetap menghantui mereka. Kekuatan Galbatorix jauh lebih besar dibantu dengan eldunari dari naga-naga yang berhasil dicurinya. Dan kehadiran Murtagh, sepupu tiri Eragon yang berkhianat, serta naganya Thorn semakin menguatkan lapisan pertahanan Galbatorix.

Akankah Eragon dan Saphira pasrah menghadapi kematian dan menjadikan kemenangan pertempuran sebelumnya sia-sia belaka? Apakah yang Eragon lakukan ketika ia harus memimpin Varden ketika Nasuada ditawan oleh Galbatorix dan para prajurit Varden kehilangan kepercayaan dirinya?

Lalu, apa misteri yang harus dipecahkan dibalik ramalan Solembum, sang werecat atau kucing jadi-jadian? Bagaimana ia melindungi kedamaian di Alagaesia sekaligus mewujudkan impiannya atas kebangkitan klan penunggang dan naga?

Kisah akhir pertempuran Eragon dan Saphira melawan Galbatorix dapat dibaca dalam buku Inheritance karya Christopher Paolini. Edisi Bahasa Indonesia dari buku ini diterbitkan pertama kali pada Juni 2011 oleh  PT Gramedia Pustaka Utama. Alih bahasa oleh Poppy D. Chusfani dan editor oleh Donna Widjajanto. Jalan cerita yang ‘ajaib’ disampaikan dengan sangat detail dan kemunculan tokoh atau makhluk imajinatif membuat pembaca akan terus penasaran hingga lembar terakhir. It works on me! Selamat membaca🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s