Yuk, Banyak Minum Air Putih

Saat panas terik di siang hari tentu rasanya nikmat sekali melepas dahaga dengan segelas air putih dingin. Wah pasti sangat terasa segarnya! Air sudah merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi untuk kesehatan tubuh kita. Setiap orang bahkan dianjurkan meminum sebanyak 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari. Air mencakup 80% bagian tubuh manusia. Apabila seseorang kurang mengonsumsi air maka kebutuhan tubuh terhadap air akan diserap dari komponen tubuh sendiri, misalnya darah. kekurangan air akan menyebabkan darah menjadi kental dan mengganggu transportasi oksigen dan sari-sari makanan dalam tubuh. Selain itu, darah yang kental juga dapat menghambat kerja ginjal dan merusak organ tubuh tersebut. Sel-sel otak juga akan mengalami gangguan apabila peredaran darah tidak lancar karena organ ini paling banyak menyerap oksigen dan sari-sari makanan dalam darah.

Air yang sehat untuk diminum secara fisik tampak jernih, tidak berbau dan tidak berasa. Maka itulah, konsumsi air putih sangat dianjurkan untuk gaya hidup sehat. Air putih dapat menghilangkan rasa haus, mengurangi gejala dehidrasi, menimbulkan rasa segar dalam tubuh dan mencegah timbulnya penyakit pada organ tubuh. Konsumsi air yang cukup setiap hari, terutama setelah makan, dapat membantu memperlancar sistem percernaan sehingga tubuh terhindar dari masalah-masalah pencernaan seperti maag dan sembelit. Kandungan air yang terserap dalam tubuh juga dapat menjaga kelembapan kulit dan menyehatkan kulit dari dalam. Air juga diyakini dapat menyembuhkan penyakit jantung dan rematik.

Kondisi tubuh dapat menurun apabila kadar air dalam tubuh kita menurun. Kita dapat lebih bertahan saat kekurangan makan ketimbang kekurangan air. Rasa haus merupakan mekanisme normal untuk menjaga asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh sekitar 2-2,5 liter atau 8-10 gelas per hari. Asupan air diperoleh dari makanan, minuman, dan hasil metabolisme tubuh. Air yang terbuang dari tubuh dapat melalui keringat, air seni, tinja dan uap air sisa pernapasan. Jumlah air yang dikeluarkan melalui air seni dan keringat oleh tubuh masing-masing maksimum 1 liter per hari sehingga tubuh dianjurkan menerima asupan air lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh rasa haus kita. Kebiasaan banyak minum baik ketika haus ataupun tidak merupakan kebiasaan yang sehat. Hasil penelitian Journal of Nutrition menyatakan bahwa kekurangan asupan air dapat mempengaruhi mood seseorang. Orang yang sedikit minum air putih cenderung mengalami gejala-gejala kelelahan, sulit focus dan mood berantakan. Resiko tersebut bahkan dapat terjadi pada kondisi dehidrasi paling ringan, yakni saat tubuh kehilangan satu persen cairan. Ketika kuliah di ruangan ber-AC sangat dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi. Kebiasaan banyak minum air pada kondisi suhu tidak tetap juga sebaiknya diterapkan untuk membantu menyeimbangkan suhu.

Kurang asupan air putih dapat mempengaruhi mood seseorang

Asupan air juga dapat diperoleh dari minuman lain, seperti soda, teh, kopi dan sebagainya. Minuman soda terutama sangat disukai di kalangan anak muda. Namun, minuman soda memiliki efek negatif terhadap tubuh, seperti menimbulkan efek ketagihan, cepat merasa haus kembali, dehidrasi, menimbulkan gangguan pencernaan, penyakit jantung, osteoporosis, diabetes dan gagal ginjal. Minuman soda, baik berupa soda diet atau reguler, mengandung pemanis buatan yang justru dapat menimbulkan obesitas. Minuman teh dan kopi digolongkan dalam minuman yang mengandung kafein. Konsumsi minuman tersebut juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.  Kafein merupakan stimulan yang dapat mempengaruhi sistem syaraf pusat. Kandungan tersebut dapat menyebabkan sakit perut, perubahan detak jantung dan penyakit mata, seperti glaukoma dan kejang kelopak mata. Kafein juga dapat mempengaruhi kerja hormon. Konsumsi 200 miligram kafein dapat menyebabkan peningkatan level estrogen pada wanita yang berpengaruh pada proses ovulasi dan menstruasi. Perubahan level estrogen jangka panjang dapat menyebabkan berbagai gangguan, diantaranya kanker ovarium dan payudara.

Pentingnya asupan air dan khasiat air putih sudah kita ketahui sekarang. Yuk, banyak minum air putih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s