Great Day 2012

“Ikan sangat baik untuk kesehatan sehingga sangat baik dikonsumsi sejak dini,” kata Dr. Ir. Wini Trilaksani, M.Sc dalam seminar Inovasi Perikanan dalam Bidang Pangan dan Non-Pangan Sebagai Warisan Budaya Indonesia pada hari Minggu, 30 September 2012. Acara seminar tersebut merupakan salah satu konten dalam acara Grow to Eat Fish and Fisheries Technology Day (Great Day) 2012 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan (Himasilkan), Institut Pertanian Bogor.

Sesi Talkshow dalam Seminar Inovasi Perikanan dalam Bidang Pangan dan Non-Pangan Sebagai Warisan Budaya Indonesia, 30 September 2012

Peserta seminar

Rangkaian acara Great Day 2012 yang bertema ‘Indonesia Sehat, Indonesia Cerdas, Indonesia yang Gemar Makan Ikan’ ini terbagi dalam dua bagian, yaitu kampanye gemar makan ikan pada tanggal 29 September 2012 di Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04, kemudian dilanjutkan dengan acara seminar pada hari selanjutnya di Auditorium Sumardi Sastrakusumah, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. “Inti acara ini adalah mengkampanyekan gerakan gemar makan ikan sejak dini sekaligus membantu program pemerintah dalam memasyarakatkan gerakan gemar makan ikan. Kampanye hari pertama berupa penyampaian materi, games dan pembagian produk perikanan di SD Babakan Dramaga 04 yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 6. Alhamdulillah, mereka antusias banget,” terang Indra Yusuf Pratama, ketua pelaksana Great Day 2012 dalam wawancara dengan Emulsi.

Kampanye Gemar Makan Ikan di SD Negeri Babakan Dramaga 04, Kabupaten Bogor

Antusiasme anak-anak kelas 6 SD Negeri Babakan Dramaga 04 di acara Great Day 2012

Wah, asiik aku dapat nugget ikan🙂 kamu dapat apa?

Penyerahan plakat kepada guru SD Negeri Babakan Dramaga 04 oleh ketua pelaksana Great Day 2012, Indra Y Pratama

Acara seminar juga diisi dengan penyampaian materi berjudul “Peningkatan Konsumsi Ikan dalam Rangka Mewujudkan Ketahanan Pangan” oleh Direktur Pemasaran Dalam Negeri, Ir. Sadullah Muhdi, MBA dari Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dalam penyampaian materinya, beliau mengkhawatirkan rendahnya tingkat konsumsi ikan di Indonesia karena keengganan masyarakatnya mengonsumsi ikan. Beberapa hal yang menjadi kendala dalam konsumsi ikan, diantaranya berkembangnya mitos di masyarakat bahwa mengonsumsi ikan dapat menyebabkan cacingan, korengan (penyakit kulit) atau membuat Air Susu Ibu (ASI) menjadi amis. Pengolahan ikan juga menjadi salah satu kendala karena hampir 70% ikan diolah dengan cara digoreng sehingga konsumen cepat bosan dan mengurangi minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan. Beliau juga sempat mengkritisi beberapa peserta yang hadir karena kesulitan menyebutkan lima jenis produk olahan ikan pada sesi permainan (games) dalam acara tersebut. Para peserta kemudian diberi kesempatan untuk bertanya kepada para pembicara. Sesi talkshow tersebut dibawakan oleh moderator Dyah Raysa Laksitoresmi, S.Pi, alumni Teknologi Hasil Perikanan sekaligus Mahasiswa Berprestasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan tahun 2011.

Salah seorang peserta sedang bertanya kepada pembicara

Kiri ke kanan : Dyah Raysa Laksitoresmi, S.Pi; Giri (MC); Dr.Ir. Wini Trilaksani,M.Sc; Dr.Ir. Ruddy Suwandi, M.S, M.Phil (Ketua Departemen Teknologi Hasil Perairan); Ir. Sadullah Muhdi, MBA dan Ayu (MC)

Sesi Games

Kampanye gemar ikan juga disampaikan dalam orasi ilmiah oleh Rizki Rahmat Abdullah, S.Pi, alumni Teknologi Hasil Perairan, Institut Pertanian Bogor. Orasi tersebut menekankan kembali mengenai pentingnya teknologi dan diversifikasi pengolahan produk perikanan karena sebagian besar produk perikanan Indonesia masih diolah secara sederhana dan tradisional. Rizki juga menyatakan perlunya peningkatan kembali kerjasama antara mahasiswa, pemerintah dan stakeholder pengolahan produk perikanan dalam negeri untuk meningkatkan konsumsi ikan sehingga menjadi Indonesia yang sehat dan cerdas. Setelah penyampaian orasi, acara kemudian dilanjutkan dengan menonton bersama video dokumentasi kampanye gemar makan ikan di SD Negeri Babakan Dramaga 04, Dramaga, Kabupaten Bogor.

Orasi ilmiah oleh Rizki Rahmat Abdullah S.Pi

Seminar dihadiri oleh Ketua Departemen Teknologi Hasil Perairan, Wakil Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, mahasiswa dan umum. Ray, siswa kelas XII SMA Negeri 8 Bogor, yang menjadi salah satu peserta mengaku senang mengikuti acara tersebut. “Acaranya seru dan senang bisa bertemu orang-orang penting. Saya jadi lebih termotivasi untuk membuat inovasi baru dari produk perikanan,” ungkap Ray. Acara ditutup dengan penampilan dari Baracuda Music Club (BMC) yang seluruh anggotanya terdiri dari mahasiswa Teknologi Hasil Perairan IPB.

Hiburan dari BMC

Wawancara ketua pelaksana, Indra Y Pratama, dengan Emulsi

Dokumentasi : Panitia Great Day 2012

(Thanks to Indra Y Pratama, Dini A Prastiwi, M Fachrirozi, IW Darya Kartika and all crew :))

2 thoughts on “Great Day 2012

  1. Saya mahasiswa THP juga kak, mau ikut seminar-seminar kayak gitu jadinya
    Senang nemu blog ini jadi bisa nanya-nanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s