Manfaat Puasa

Seperti yang kita sudah tahu dari waktu kita masih bocah nan imut-imut bahkan dari zaman para pendahulu kita, puasa merupakan perintah agama seperti yang tertera dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”

Puasa itu sendiri ternyata memiliki manfaat dalam kesehatan lho. Selama kita berpuasa, tubuh menghasilkan energi yang dihasilkan dari proses pembakaran makanan dalam tubuh. Organ hati menghasilkan energi dengan cara memecah lemak menjadi zat kimia untuk digunakan sebagai sumber energi. Proses ini dipercepat pada saat puasa sehingga lebih banyak racun dan bahan kimia dalam lemak yang dilepaskan dan dikeluarkan dari tubuh kita. Proses tersebut dinamakan detoksifikasi yang berperan menghilangkan dan menetralkan racun dalam tubuh.

Kondisi berpuasa menyebabkan pemanfaatan energi yang biasanya digunakan untuk proses pencernaan beralih ke sistem kekebalan tubuh dan proses metabolisme. Jadi, kalau di hari-hari biasa energi kita hampir seluruhnya terpakai untuk proses percernaan makanan, nah selama puasa energi kita dipusatkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga kita jadi tidak mudah sakit dan menjadi lebih kuat.

Menurut Dr Titus Nursyirwan, plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menuturkan berpuasa saat Ramadhan merupakan cara yang tepat untuk memperbaiki metabolisme tubuh sehingga tubuh makin sehat dan kuat. Dr Titus juga menyarankan untuk menghindari minum kopi, teh dan minuman bersoda karena minuman tersebut mengandung kafein dan dapat mempercepat proses dehidrasi. Kondisi dehidrasi dapat dicegah dengan mengonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas per hari saat berbuka dan sahur. Selain itu, konsumsi  makan dengan menu seimbang dengan sayur dan buah sangat dianjurkan untuk menambah ketahanan tubuh saat berpuasa.

Semoga teman-teman semakin semangat berpuasanya setelah membaca artikel di atas🙂

Selamat menjalankan ibadah puasa.

(dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s