Bakteri & Kapang Endofit pada Daun Mangrove (2)

Selain bakteri, terdapat 200 spesies kapang endofit pada tumbuhan mangrove berdasarkan data National Library of Medicine, Amerika Serikat. Kapang endofit mangrove diantaranya Aspergillus, Fusarium, Penicillium dan Trichoderma. Banyak jenis kapang dapat berkoloni pada berbagai spesies dalam suatu inang, namun ada juga yang spesifik hanya pada mangrove tertentu saja. Beberapa fungi atau kapang ditemukan memiliki manfaat sebagai antimikroba dan antitumor, sedangkan beberapa lainnya mampu dimanfaatkan sebagai komponen potensial dalam pertanian serta di bidang industri dan lingkungan (Xiaoling et al. 2010).

Aspergillus sp. termasuk dalam spesies aerobik yang banyak terdapat pada udara yang kaya oksigen. Spesies ini tumbuh di permukaan substrat terutama pada substrat yang kaya sumber karbon, seperti monosakarida dan polisakarida. Aspergillus juga dapat mengontaminasi roti dan kentang, serta tumbuh pada tanaman dan pohon. Beberapa spesies dapat menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan, namun spesies lainnya berperan penting dalam proses fermentasi (Liu et al. 2007).

Golongan Fusarium banyak ditemukan pada tanaman dan tanah. Ciri jenis ini memiliki struktur tubuh berupa miselium bercabang, hialin dan bersekat 2-5 µm. Beberapa spesies Fusarium merupakan patogen pada tanaman gandum dan dapat menyebabkan pembusukan pada umbi kentang dan biji jagung. Salah satu spesies Fusarium, yaitu Fusarium venetatum, dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang kaya protein (Ellis 2011).

Penicillium adalah golongan Ascomycetes dan berperan penting dalam produksi makanan dan obat-obatan alami serta dapat dimanfaatkan sebagai antibiotik. Kapang jenis ini memiliki bentuk berupa talus dengan cabang-cabang dan memiliki hifa transparan (Barron 2009). Trichoderma juga merupakan golongan kapang yang termasuk kelas Ascomycetes. Jenis ini banyak ditemukan pada tanah maupun substrat berkayu. Kondisi optimum Trichoderma (pH, suhu, dan konsentrasi O2) berbeda-beda pada tiap spesiesnya. Koloni tampak transparan pada media dengan nutrisi terbatas, sedangkan koloni terlihat lebih putih pada media dengan nutrisi yang banyak (Harman 2000).

3 thoughts on “Bakteri & Kapang Endofit pada Daun Mangrove (2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s